Belajar OOP dengan Membuat Game

Object Oriented Programming (OOP) adalah paradigma dalam pemrograman yang menggunakan pendekatan secara natural dimana domain permasalahan terdiri dari objek-objek yang saling berinteraksi. Sebagai contoh di lapangan sepak bola, ada beberapa objek yang dapat dilihat seperti pemain, wasit, hakim garis, bola, dan gawang. Setiap objek tersebut memiliki identitas dan tugas  yang dikerjakan masing-masing.

Pembelajaran konsep OOP salah satunya dengan membuat Game yang melibatkan beberapa objek. Menurut Végh (2019), belajar OOP dengan membuat proyek Game dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa karena menyenangkan dan membuka ide-ide baru untuk semakin meningkatkan kualitas Game yang dibuat [1].  Metode pembelajaran dengan membuat game juga diterapkan Livovský (2014) di universitas untuk membantu pemahaman terkait konsep-konsep OOP yang sering digunakan seperti objek, kelas, atribut, operasi, enkapsulasi, dan pewarisan [2]. Bukan hanya bagi anak-anak, metode belajar dengan Game ternyata cukup bermanfaat untuk membantu pemahaman terkait materi yang dipelajari oleh mahasiswa.

Ingin tahu lebih lanjut serunya belajar konsep OOP dengan membuat Game, Yuk Gabung segera di Prodi Teknik Informatika, Universitas Sahid Surakarta!

Klik Disini untuk daftar secara online.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *